Hari Ini:

Kamis 23 November 2017

Jam Buka Toko:

08.00 s/d 17.00 WIB

Telpon:

(021) 5491468

SMS:

087774827382

BB Messenger:

D3134C8A

Email:

admin@busanaarafah.co.id

Layanan Online:

Reseller/Dropshipper

Welcome Reseller/Dropshipper Busana Arafah

Welcome Reseller

* indicates required
Masukkan Nama Anda
Masukkan Email Anda

Contact Person

#BBMme PIN: D3134C8A
www.pin.bbm.com/D3134C8A

Baju Koko Putih dan 8 cara merawatnya

04 November 2016 - Kategori Blog

Baju koko putih bukan baju seorang pria bernama koko namun adalah baju yang biasa dikenakan pria muslim untuk beribadah sholat maupun mengaji. Entah bagaimana asal muasalnya hingga baju muslim pria ini disebut baju koko hingga saat ini. Mungkin karena kerah bajunya yang mirip cheong sam ala tradisi China sehingga disebut dengan koko (atau kokoh) panggilan untuk lelaki keturunan China.

baju koko pria, baju koko modern, baju koko terbaru 2015, baju koko bayi, baju koko anak laki laki, koko anak,model baju koko 2015, harga baju koko, model baju koko pria, baju koko putih, baju koko baldan

Grosir Baju Muslim | Koko Baldan | SMS/WA : 087774827382 pin BB D3134C8A

Baju ini juga menjadi dress code untuk menghadiri berbagai acara bernafaskan islam seperti pengajian, acara bersama anak-anak dari panti asuhan, bahkan juga syukuran kelahiran anak. Iya sekarang ini baju koko juga bisa tetap dikenakan acara-acara semi formal seperti tasyakuran atau bahkan menghadiri akad nikah, ini tak lain karena modelnya yang semakin lama mengalami inovasi dan perkembangan.

Baju koko tidak selalu berwarna putih, hampir semua warna yang variatif disediakan di toko terdekat ataupun toko online yang menjual pakaian muslim. Desainnya tidak selalu polos, ada yang motif garis, kotak-kotak samar atau border yang memperindah penampilan baju koko. Demikian juga dengan bahannya yang tidak hanya katun, baju koko dari bahan kaos atau dobi pun juga ada tergantung selera dan kenyamanan masing-masing.

Namun tentu saja kita tidak bisa menolak bahwa baju koko berwarna putih adalah sesuatu yang harus dimiliki seorang pria muslim di lemarinya. Iya, meskipun banyaknya warna-warna dan corak yang beredar di pasaran, namun para suami tentu paling terlihat maskulin, bersih dan bikin hati istri meleleh ketika tengah memakai baju koko berwarna putih

Namun baju koko putih juga lebih sulit perawatannya dibandingkan dengan warna lain, karena tentu saja lebih cepat kotor bila dipakai dan ketika terkena noda harus langsung dihilangkan hingga tidak berbekas untuk menghindari kesan lusuh dan kumal. Kita juga harus menjaga warnanya agar tetap putih dan enak dipandang.

Berikut ini kami susun tips untuk merawat baju koko putih agar warna putihnya tetap awet :

  • Pisahkan baju koko berwarna putih dari pakaian warna gelap dan lainnya sebelum membersihkannya

Mengapa dipisahkan? Hal ini karena ketika kita mencuci baju putih bersamaan dengan baju-baju hitam dan bahan kain berwarna lainnya, dalam proses pencucian warnanya dapat bercampur. Meskipun warnanya tidak berubah, namun warna putih jika tercampur warna lain terutama warna gelap akan sedikit terkontaminasi warna gelap tersebut. Baju koko putih yang tercampur akan menyebabkan warna asli menjadi terlihat ‘buluk’ dan kurang bersih.

  • Pisahkan jenis kain

Meskipun baju sama-sama berwarna putih, namun jika berbeda-beda jenis kainnya, tetaplah dipisahkan dengan cara seperti ini :

  • Wool dicuci sendiri
  • Linen dan katun dapat dicuci bersamaan
  • Asetat dan aklirik dapat dicuci bersamaan
  • Bahan-bahan halus seperti sifon, satin dan lainnya sebaiknya hanya dicuci dengan tangan
  • Bersihkan dari noda

Bersihkan terlebih dahulu noda yang terdapat di baju koko, untuk mengetahuinya tentu kita harus mendapatkan cahaya yang cukup dulu untuk mengamati noda-noda yang ada di baju. Cek juga label baju, biasanya disitu terdapat cara-cara yang dibolehkan dan dilarang dalam merawat baju. Ada macam-macam jenis produk di pasaran untuk membersihkan noda di baju seperti detergen berenzim atau cairan pembersih noda pakaian. Namun jika ingin membersihkan baju dengan menggunakan bahan yang ada di rumah, pakai saja cairan pencuci piring atau shampoo dan oleskan secara langsung pada noda.

  • Rendam pakaian yang telah dibersihkan dengan air hangat

Rendaman air hangat dapat membantu mengangkat noda yang ada di baju setelah pembersihan awal. Namun ingat, merendam pakaian dengan air hangat tidak dianjurkan terlalu sering karena dapat menyebabkan pakaian mudah rusak dan mudah kusam.

  • Cucilah baju putih dengan air hangat dengan menggunakan sabun atau detergen untuk mencuci debu dan kotoran yang ada pada baju koko putih.
  • Tambahkan pemutih pakaian untuk mencerahkan warna baju

Pemutih bisa dibeli di pasaran atau kita bisa membuatnya sendiri jika ingin. Bahan-bahannya adalah jus lemon, vinegar putih saringan atau 3 persen hydrogen peroxide. Cara membuat pemutih sendiri sebagai berikut :

  • Campurkan ½ cangkir jus lemon atau 1 cangkir vinegar putih saringan atau 3 persen hydrogen peroxide ke dalam mesin cuci pada pakaian untuk menjaga warna putihnya.
  • Jika kita menggunakan jus lemon, keringkan baju koko dibawah cahaya matahari, sinar ultraviolet juga dapat membantu menjaga warna pakaian tetap cerah. Cara yang sama juga dapat dipakai untuk pakaian warna putih lainnya.
  • Jika anda inginkan anda dapat menambah bahan yang dapat mengoptimalkan pencucian. Dengan menambahkan oxygen bleach atau washing soda dapat membuat proses pembersihan lebih baik lagi.
  • Pakailah color remover di baju koko warna putih jika warnanya mulai memudar, berubah warna dan nampak kusam

Color remover dapat menghilangkan warna yang tidak diinginkan pada pakaian berwarna putih. Jika ingin berhemat atau tidak ingin membeli color remover, kita bisa menggantikannya dengan air yang direbus dengan oxygen bleach dan biarkan pakaian terendam di campuran tersebut. Hal ini dapat memberikan hasil yang sama.

  • Jika terjadi kelunturan pada saat kegiatan mencuci, sebaiknya jangan tunggu hingga pakaian atau kain tersebut mengering terlebih dahulu untuk memberikan tindakan pembersihan.

Segera tambahkan color remover pada cucian dan cuci ulang lagi dari awal. Jika pakaian atau kain yang kelunturan tersebut dibiarkan kering, maka setelah kering warna luntur tersebut akan menetap dan mencemari penampaka warna baju yang sudah ada.

, , , ,

​​
%d bloggers like this: